Perkembangan teknologi komunikasi yang semakin maju ikut mempengaruhi majunya bisnis jual beli handphone di Indonesia. Bagi anda yang berminat memulai usaha jual beli handphone atau bagi yang ingin merenovasi kios penjualanya, tips berikut dapat bermanfaat agar bisa berfungsi maksimal sebagai lahan pendapatan anda.
1. Tentukan pembagian ruang yang jelas
Fungsi yang umum terdapat dalam kios adalah, sbb :
a. Area Pajang : Terdiri dari rak pajang sesuai ukuran kios anda )
b. Area Administrasi : Berupa meja tulis yang berfungsi juga sebagai kasir serta meja untuk administrasi.
c. Area Penyimpanan : Umumnya berupa lemari tertutup di bagian belakang kios )
d. Gudang / Area service : Area ini tidak wajib ada, saya menyarankan agar untuk membuat area ini agar barang – barang seperti box hanphone dapat disimpan sehingga tidak menggangu.
2. Gunakan Tema Warna Tertentu
Umunya kios memiliki warna khusus bila anda memiliki kerjasama khusus dengan salah satu provider , maka anda dapat menggunakan warna brand mereka. Tapi kalo anda netral anda bebas memilih warna sesuai karakter anda.
3. Lighting / Pencahayaan
Lighting merupakan faktor penting yang harus anda perhatikan, lighting dalam lemari pajang juga penting untuk diperhatikan. Gunakan cahaya kuning dari lampu ' Halogen ' atau neon ' Daylight ' untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan lampu sorot untuk menerangi dinding kiri dan kanan serta bagian belakang kios agar koleksi handphone anda akan terlihat lebih cantik dengan sistem pencahayaan yang benar.
4. Tentukan Tempat Signage yang Benar
Umumnya yang orang lakukan saat melihat- lihat adalah berhenti untuk bertanya, kemudian melanjutkan untuk melihat- lihat kios yang lain. Bila anda memiliki signage yang unik, terang dan diletakan pada posisi yang mudah di lihat, tentu orang akan mudah mengingat dan untuk kembali ke kios anda setelah puas berkeliling.
5. Sediakan Tempat Duduk
Kursi berfunsi sebagai “ Pengikat ” agar tamu anda tidak cepat- cepat berpidah ke kios lain,
Setelah kios anda selesai nyalakan semua lampu dan berdirilah di depanya. Bayangkan bila anda adalah Customer, catat semua kekurangan dan lakukan perbaikan.
Selamat mencoba dan suksess untuk kios anda.
0 Komentar